linux server-mail server-dns server-web server

Pokok Bahasan

  • Static IP

Tujuan Belajar

Setelah memahami materi pada bahasan ini diharapkan mampu

  1. Memahami konsep IP Address dalam jaringan.
  2. Memahami setting network interface pada VirtualBox.
  3. Memahami setting IP Address Statis pada Ubuntu
  4. Memahami setting IP Address pada windows XP
  5. Memahami settingan NAT pada Ubuntu.
  6. Menggunakan perintah Ping untuk tes koneksi.

Dasar Teori

Jenis Konfigurasi Virtual Adapter pada Virtual Machine

Sebelum memulai untuk melakukan konfigurasi IP Address, tersebih dahulu harus memahami jenis-jenis konfigurasi virtual adapter yang di sediakan oleh Virtual Machine (VMWare / VirtualBox). Konfigurasi virtual adapter bisa disesuaikan dengan kebutuhan karena pada Virtual Machine menyediakan beberapa fasilitas untuk menghubungkan antara PC virtual ke PC Host atau sebaliknya. Serta untuk menghubungkan antar PC Virtual. Selengkpanya sebagai berikut:

NAT (Network Address Translation)

NAT adalah mode jaringan yang memungkinkan OS Virtual untuk terhubungan dengan jaringan diluar. NAT terhubung melalui koneksi secara Dial-up pada OS Host (komputer asli). Prinsip kerja NAT yaitu OS virtual akan memiliki konfigurasi jaringan atau IP sama dengan OS Host. Jika komputer Host terhubung dengan internet maka secara otomatis komputer virtual juga bisa mengakses internet. Pada mode NAT ini OS Virtual juga bisa menghubungi OS Host tetapi tidak berlaku untuk sebaliknya. Mode ini dapat di gunakan pada VMware dan Virtualbox, bahkan NAT menjadi settingan default jika kita menggunakan virtualbox.

Bidge (Adapter)

Bridge adalah mode jaringan yang memungkinkan OS Virtual untuk terhubung secara langsung ke jaringan fisik, dengan mode ini OS Virtual dapat menggunakan dan melakukan setting terhadap interface sungguhan yang ada di Komputer Host seperti Wifi dan Lan Card. Jadi OS Host dengan OS Virtual adalah 2 komputer yang berbeda mempunyai kedudukan yang sama dalam satu buah jaringan yang terkoneksi.

Pada Virtualbox dikenal dengan Bridge Adapter dan pada Vmware dengan nama Bridge, OS virtual akan di anggap sebagai komputer asli yang dikenali sendiri oleh jaringan bukan melalui OS Host hal ini memungkinkan OS Virtual untuk menerima data maupun mengirimkan data ke jaringan fisik.

Host-Only (Adapter)

Host-Only adalah mode jaringan yang memungkinkan OS virtual untuk terhubung dengn OS Host tanpa terhubung ke jaringan fisik. tipe jaringan ini juga bisa digunakan untuk menghubungkan antar OS Virtual.

Internal Network (Virtualbox) / LAN Segment (VMWare)

Mode yang digunakan untuk segmentasi jaringan virtual tanpa terhubung ke jaringan fisik maupun ke komputer host yang di pilih adalah Internal Network pada Virtualbox dan LAN Segment pada VMWare.

Persiapan Konfigurasi

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum mulai konfigurasi pada jaringan selain sudah harus terinstall dua buah OS Virtual Ubuntu dan OS Virtual Windows XP. selain hal tersebut juga harus beberapa hal yang perlu di rancang atau di persiapkan, diantaranya sebagai berikut.

Perancangan Virtual Adapter

Dengan memanfaatkan Virtual Machine akan coba menghubungkan dua buak OS virtual yaitu Linux Ubuntu (Server) dan Windows XP (Client). Sebelum memulai pastikan terlebih dahulu bahwa sudah terinstal os tersebu dan dapat di jalankan dengan baik.

Konsep Jaringan Virtual menghubungkan Ubuntu dengan XP

Gambar di atas merupakan rencana topologi jaringan yang akan di konfiguran pada percobaan kali ini. OS Linux Ubuntu sudah terintall di virtual machine yang nanati akan disetting dengan dua buah virtual adapter yaitu di setting NAT dan Host-Only selanjutnya pada OS Windows Xp yang nantinya sebagai client hanya memiliki satu buah adapter dengan mode Host-Only saja.

  1. Adapter 1 Ubuntu Mode NAT : Pada OS Virtual Ubuntu adapter yang pertama dikonfigurasi mode NAT dengan tujuan agak OS virtual memiliki settingan network sama dengan komputer host yang nantinya agar bisa digunakan untuk proses intalasi yang membutuhkan koneksi internet.
  2. Adapter 2 Ubuntu Mode Host-Only : Pada OS Virtual Ubuntu adapter yang pertama dikonfigurasi mode Host-Only, adapter ini yang akan digunakan untuk menghubungkan dengan OS Windows XP.
  3. Adapter 1 Windows XP Mode Host Only : Pada OS Virtual Windows hanya memiliki satu adapter dengan mode Host-Only karena hanya untuk menghubungkan dengan Linux Ubuntu.

Catatan : Jika kedua ingin yang terhubung hanya kedua OS itu saja tanpa adanya koneksi dengan komputer host maka bisa juga menggunakan settingan Internal Network (Virtualbox) dan LAN Segment (VMWare).

Perancangan IP Address

Dalam menghubungkan kedua OS Ubuntu dengan Windows XP akan menggunakan konfigurasi IP Address sebagai berikut ini :

Network : 192.168.0.0
IP Address : 192.168.0.1 - 192.168.0.253
Gateway : 192.168.0.254
Broadcast : 192.168.0.255
Netmask : 255.255.255.0/24

Untuk netwok kedua virtual OS akan menggunakan ip yang pertama yaitu 192.168.0.1 untuk OS Ubuntu sebagai server nantinya dan 192.168.0.2 untuk OS Windows XP sebagai Client keduanya akan menggunakan netmask yang sama yaitu 255.255.255.0.

Setting IP Address pada dua buah komputer ubuntu dan windows xp

 

Percobaan Konfigurasi

Dalam percobaan ada beberapa tahapan yang akan di lakukan mulai dari setting adapter OS ubuntu, konfigurasi Static IP OS ubuntu, setting adapter os windows xp, setting ip os windows dan cek koneksi antar dua OS.

Konfigurasi Adapter OS Ubuntu pada VirtualBox

Sebelum lebih lanjut masuk ke OS Ubuntu terlebih dahulu setting virtual adapter pada virtualbox dengan cara masuk ke Setting >> Network,  pada adapter 1 pilih mode konfigurasi NAT dan adapter 2 pilih mode konfigurasi Internal Network atau bisa juga menggunakan internal network khusus di virtualbox. lebih lengkapya seperti gambar di bawah ini :

Setting NAT Adapter 1 OS Ubuntu pada Virtualbox
Setting NAT Adapter 1 OS Ubuntu pada Virtualbox

 

Setting Host-Only Adapter 2 OS Ubuntu pada Virtualbox
Setting Host-Only Adapter 2 OS Ubuntu pada Virtualbox

Konfigurasi Adapter Windows XP pada VirtualBox

Seperti halnya pada OS Ubuntu agar nantinya bisa terhubung kedua OS tersebut maka OS Windows XP juga harus disetting adapternya terlebih dahulu dengan cara masuk ke menu Setting >> Network. karena hanya satu adapter yang di gunakan maka yang disetting cukup adapter satu sebagai berikut ini:

Setting Host-Only Adapter 1 OS Windows XP pada Virtualbox
Setting Host-Only Adapter 1 OS Windows XP pada Virtualbox

Konfigurasi virtual adapter agar kedua OS Ubuntu dan Windows XP bisa terhubung selain menggunakan mode Host-Only juga bisa menggunakan Internal Network, yang penting menggunakan settingan yang sama.

Konfigurasi IP Address pada OS Ubuntu

Adapter 1 pada OS Ubuntu dengan settingan adapter mode NAT maka tidak perlu dilakukan setting IP address lagi secara otomatis akan disesuaikan dengan settingan komputer host. Konfigurasi IP Address pada OS Ubuntu dilakukan pada adapter 2 yang nantinya akan digunakan untuk mengbungkan dengan client OS windows XP.

#ifconfig

Gunakan perintah ifconfig untuk mengetahui adapter yang aktif pada os ubuntu, seharusnya nanti ada dua adapter sesuai dengan yang telah disetting pada virtual machine di awal.

Hasil perintah Iifconfig ubuntu

Berdasarkan hasil di atas bisa di lihat bahwa ada dua adapter yang yang aktif yaitu adapter 1 dengan nama enp0s3 dan adapter 2 dengan nama ecp0s8. Untuk yang enp0s3 seperti terlihat sudah memiliki konfigurasi karena sebelumnya di setting pada mode NAT sedangkan yang enp0s8 masih belum di konfigurasi.

Konfigurasi ip address adapter 2 akan menggunakan perintah editor nano pada file interfaces terlebih dahulu agar bisa melakukan konfigurasi harus masuk ke mode super user. Selengkapnya bisa menggunakan perintah berikut:

#sudo nano /etc/network/interfaces

setelah masuk ke file interfaces kemudian tambahkan static ip address pada adapter 2, dengan menggunakan ip address 192.168.0.1 dan netmask 255.255.255.0. Cukup ip address tanpa menambahkan gateway sudah bisa karena hanya untuk jaringan internal (antar virtualbox) tanpa terhubung ke jaringan internet, gateway wajib digunakan ketika akan menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan komputer secara global. Tambahkan seperti dibawah perintah di bawah ini pada file interfaces untuk melakukan konfigurasi ip statis.

auto enp0s8
iface enp0s8 inet static
    address 192.168.0.1
    netmask 255.255.255.0

Setelah melakukan konfigurasi IP selajutnya lakukan restart networking dengan perintah sebagai berikut

sudo /etc/init.d/networking restart

Cek kembali adapter yang telah di konfigurasi ip address dengan perintah ifconfig, sekarang adapter 2 enp0s8 telah memiliki address.

Cek IP Address pada OS Ubuntu

 Konfigurasi IP Address pada Windows XP

Pada OS Windows XP juga dikonfigurasi untuk IP addres yang kita setting satu network dengan IP address OS Ubuntu yaitu 192.168.0.2 dan netmask 255.255.255.0. masuk ke setting TCP/IP lalu masukkan IP Address.

Setting IP Address Windows XP
Setting IP Address Windows XP

Untuk hasil setting ip address bisa di cek dengan cara masuk ke CMD dengan mengetikan perintah ipconfig. 

Cek IP Pada windows XP
Cek IP Pada windows XP

Pada gambar diatas sudah terlihat bahwa settingan ip pada clinet windows xp telah tersetting sesuai yang telah dikonfigurasikan sebelumnya.

Turn Off Firewall

Matikan settingan firewal pada windows dengan cara menguba settingan dari on menjadi off seperti pada menu di bawah ini.

Settingan konfigurasi firewall of windows xp

Testing Koneksi antar dua OS

Apakah kedua sistem operasi windows dan ubuntu tersebut telah terhubung atau tidak maka harus di lakukan tenting menggunakan perintah ping dengan skenario sebagai berikut :

Skenario pertama dari OS Ubuntu Server
dari OS Ubuntu Server lakukan perintah PING ke IP yang di miliki Oleh windows XP yaitu 192.168.0.2

ping 192.168.0.2

jika sudah terhubung nantinya akan muncul

Ping Dari OS Ubuntu Server
Ping Dari OS Ubuntu Server

Skenario kedua dari OS Windows XP
dari windows xp ini juga melakukan ping ke ip yang di os ubuntu yaitu 192.168.0.1

ping 192.168.0.1

Hasil ping dari windows xp seperti berikut ini

ping windows xp
ping windows xp


error: nuricahyono.com
%d bloggers like this: