Belajar Pemrograman Python

Operator Python

Operator adalah simbol-simbol khusus dalam bahsa pemrograman yang bertujuan untuk memanipulasi nilai bisanya dipakai untuk melakukan operasi tertentu terhadap suatu data atau lebih dengan tujuan memenuhi kebutuhan program. contohnya operasi penjumlahan, operasi perbandingan nilai, operasi penyambungan string dan sebagainya.

Materi kali akan membahas berbagai operator yang didukung oleh Python 3. sedikitnya terdapat enam operator yang wajib untuk diketahui : Operator Aritmatika, Operator Perbandingan, Operator Penugasan, Operator Logika, Operator Keanggotaan, Operator Identitas.

Operator Aritmetika

Operator Aritmetika adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi perhitungan matematika. misalnya digunakan untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan dan sebagainya. Daftar operator aritmetika dalam python dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

OperatorKeteranganContoh
+Penjumlahan1 + 1
-Pengurangan2 - 1
*Perkalian4 * 3
/Pembagian bilangan riil10 / 2
**Perpangkatan5**2
//Pembagian Bilangan Bulat. Sama seperti pembagian tetapi belakang koma di hilangkan.10//3
%sisa hasil bagi (Modulus)9%2

Contoh Operator Aritmetika

Berikut ini beberapa contoh operasi aritmetika pemrograman python mulai dari penggunaan operator untuk penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, pangkat dan sisa hasil bagi

#operasi penjumlahan
print(2 + 1)

motor = 5
mobil = 4
kendaraan = motor + mobil
print(buah)

#operasi pengurangan
hutang = 100000
bayar = 75000
sisaHutang = hutang - bayar
print(sisaHutang)

#operasi perkalian
panjang = 10
lebar = 5
luas = panjang * lebar
print(luas)

#operasi pembagian
permen = 12
anak = 4
perAnak = permen / anak
print(perAnak)

#operasi modulus atau sisa bagi
a = 12
b = 3
hasilModulus = a % b
print(modulus)

#operasi pangkat
biL_a = 5
bil_b = 3
hasilPangkat = bil_a ** bil_b
print(hasilPangkat)

#operasi pembagian bilangan bulat
print(11//4)

Pada operasi pembagian bilangan bulat dengan menggunakan operator "//" seperti pada latihan di atas, contoh operasi 11//4 sebenarnya akan menghasilkan nilai 2.75, tetapi karena di bulatkan maka akan menghasilkan nilai 2.

Operator Relational

Operator Relational atau Perbandingan adalah operator yang digunakan untuk melakukan perbandingan dua buah nilai. Operasi yang menggunakan operator perbandingan ini selalu menghasilkan nilai dengan tipe data boolean yaitu True atau False. Daftar Operator Relational atau perbadingan selengkapnya terdapat dalam tabel dibawah ini.

OperatorKeterangancontoh
">"Lebih Besar dari. jika value di sebelah kiri lebih besar dari value di sebelah kanan maka akan bernilai benar atau True 3 > 2, hasilnya
True
"<"Lebih Kecil dari. jika value di sebelah kanan lebih besar dari value di sebelah kiri maka akan bernilai benar atau True1 < 5, hasilnya
Tue
">="Lebih Besar Sama dengan. jika value di sebelah kiri lebih besar dari value di sebelah kanan, atau sama, maka akan bernilai benar atau True3 >= 2, hasilnya
True
"<="Lebih Kecil Sama dengan. jika value di sebelah kanan lebih besar dari value di sebelah kiri atau sama, maka akan bernilai benar atau True3 <= 4, hasilnya
True
"=="Sama Dengan. jika value disebelah kanan sama dengan value di sebelah kiri, maka akan bernilai benar atau True.4 == 4, Hasilnya
True
"!="Tidak Sama Dengan. jika value disebelah kanan tidak sama dengan value di sebelah kiri, maka akan bernilai benar atau True.2 != 1, hasilnya
True
"<>"operator ini sama dengan operator != tetapi hanya bisa digunakan pada python 2.x.-

Contoh Operator Relational

Penulisan operator relational atau pembanding contoh implementasinya yaitu lebih dari, kurang dari, lebih dari sama dengan, kurang dari sama dengan, sama dengan dan tidak sama dengan seperti di bawah ini.

x = 7
y = 3

#Hasil operasi lebih besar dari
print("Hasil dari x > y adalah ", x > y)

#Hasil operasi lebih kecil dari
print("Hasil dari x < y adalah ", x < y) 

#Hasil operasi lebih besar sama dengan
print("Hasil dari x >= y adalah ", x >= y)

#Hasil operasi lebih kecil sama dengan
print("Hasil dari x <= y adalah ", x <= y)

#Hasil operasi tidak sama dengan
print("Hasil dari x != y adalah ", x != y)

#Hasil operasi sama dengan
print("Hasil dari x == y adalah ", x == y)

Python 3 tidak mendukung untuk penggunaan operator <>, jika mencoba menggunakan tersebut maka hasilnya akan invalid. Hal tersebut berbeda pada python 2 yang masih mengenali dan bisa menggunakan operator tersebut yang setara atau bentuk lain dari =! (tidak sama dengan).

Operator Logika

Operator logika adalah operator yang digunakan untuk melakukan proses operasi Konjungsi (AND), Disjungsi (OR) dan Negasi (NOT). Hasil dari operator logika ini value akan bertipe data boolean yang menghasilkan nilai True atau False

Contoh Operator and

Operator and hanya akan menghasilkan nilai True jika dua buah operand bernilai True, selebihnya operator and akan menghasilkan nilai False.

Contoh implementasi dari operasi and sebagai berikut,

a = True
b = False

print(a and a)
print(a and b)
print(b and a)
print(b and b)

Hasil dari operasi di atas selangkapnya bisa di lihat pada tabel di bawah ini,

aba and b
TrueTrueTrue
TrueFalseFalse
FalseTrueFalse
FalseFalseFalse

Contoh Operator or

Operator or hanya akan menghasilkan nilai False jika dua buah operand bernilai False, Selebihnya selain kondisi tersebut akan menghasilkan nilai True.

Contoh implementasi dari operasi or sebagai berikut,

a = True
b = False

print(a or a)
print(a or b)
print(b or a)
print(b or b)

Hasil dari operasi di atas selangkapnya bisa di lihat pada tabel di bawah ini,

aba or b
TrueTrueTrue
TrueFalseTrue
FalseTrueTrue
FalseFalseFalse

Contoh Operator not

Operator not akan menghasilkan nilai kebalikan. Jika operator not digunakan pada operand yang bernilai True, maka operator tersebut akan menghasilkan nilai False. Sebaliknya, jika operand bernilai False, maka hasil yang diberikan bernilai True.

Contoh implementasi dari operasi not sebagai berikut, a = True b = False print(not a) print(not b)

Hasil dari operasi not selangkapnya bisa di lihat pada tabel di bawah ini

xnot x
TrueFalse
FalseTrue

Operator Bitwise

Operator Bitwise adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi logika yang bekerja untuk memanipulasi bit atau binner. Pada operasi dengan operator bitwise ini bilangan bulat yang dioperasikan secara otomatis akan dikonversi kedalam bentuk biner (basis 2) dan operasi logika dilakukan untuk masing-masing bit (binary digit). secara konsep penggunaan operator bitwise ini sama dengan operator logika hanya saja penggunaanya untuk bilangan biner. Daftar operator bitwise seperti pada tabel dibawah ini.

OperatorKeterangan Contoh
&untuk manipulasi biner dengan perintah DAN
|untuk manipulasi biner dengan perintah ATAU
^untuk manipulasi biner dengan perintah INVERSI
>>untuk manipulasi biner dengan perintah GESER KANAN
<<untuk manipulasi biner dengan perintah GESER KIRI

Contoh Operator Bitwise

contoh hasil dari penggunaan perintah &, |, ~, ^ dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

aba & ba | ba ^ b~ b
000001
010110
100111
111100

implemetasi kedalam pyhon bisa di coba dengan membuat file baru kemudian simpan dengan nama latihan

a = 0b1000
b = 0b1010

#menggunakan operator &
print(bin(a & b))

#menggunakan operator |
print(bin(a | b))

#menggunakan operator ~
print(bin(~a))

#menggunakan operator ^
print(bin(a ^ b))

Operator >> akan menggeser suatu operand bernilai n bit ke kanan, sedangkan << akan menggeser suatu operan bernilai n bit ke kiri. Pada saat melakukkan pergeseran satu bit ke arah kanan akan membagi dua buah nilai yang di operasikan. Sebagai contoh 8 >> 1 artinya (0b1000 versi binernya) digeser sebanyak sebanyak satu bit ke arah kanan. operasi ini akan menghasilkan nilai 0b0100 (4 versi bilangan bulat). Jika digeser lagi satu bit ke arah kanan maka hasilnya adalah 2 (0b0010 versi biner). Nilai in sama saja dengan 8 dibagi 2 dan hasilnya (nilai 4) dibagi 2 lagi maka hasilnya  (nilai 2). Jika operator << menggeser ke kanan dan membagi dua buah nilai maka operator >> memiliki perintah kebalikannya menggeser ke kiri dan akan mengalikan dua bilangan yang dioperasikan.

a = 0b1000

print(bin(a >> 1))
print(bin(a << 1))

Operator bitwise ini beberapa memang didasarkan pada operator logika tetapi bedanya peruntukannya yaitu digunakan operasi bilangan biner.

Operator Keanggotaan

Operator Keanggotaan adalah operator yang digunakan untuk melakukan operasi in dan not in. Perintah ini memiliki fungsi untuk memeriksa keanggotaan dari sebuah nilai dalam tipe koleksi tertentu. Selain untuk untuk tipe koleksi operati ini juga bisa digunakan pada tipe str misalnya untuk memeriksa suatu karakter terdapat dalam string atau tidak.

OperatorKeterangan
inOperator yang memiliki fungsi untuk memeriksa apakah suatu nilai merupakan anggota didalam suatu koleksi/string atau tidak.
not inOperator yang memiliki fungsi untuk mengembalikan nilai True jika suatu nilai bukan merupakan anggota didalam suatu koleksi/string atau tidak.

contoh operator keanggotaan

Hasil operasi dari operator keanggotaan ini akan mensilkan nilai denga tipe data boolean yaitu memiliki dua nilai True dan False. sebagai contoh seperti latihan di bawah ini,

hati = "Aku sayang kamu, kalau kamu sayang nggak?"

print("sayang" in hati)
print("cinta" in hati)
print("rindu" not in hati)
print("php" not in hati)

Implementasi operator keanggotaan terlebih dahulu diawali dengan membuat sebuah variabel hati yang berisi data aku sayang kamu, kamu sayang nggak?, kemudian dilakukan operasi in jika kata sayang dan cinta terdapat dalam variabel hati maka akan menghasilkan nilai True tetapi jika tidak ditemukan maka akan bernilai False. Hal sebaliknya juga berlaku jika kata rindu dan php tidak terdapat dalam variabel hati maka akan bernilai True tetapi jika tidak nilainya False.

Operator String

Operator String adalah operator yang di gunakan untuk operasi terhadap objek yang bertipe data string. Setidaknya ada dua operator yang bisa beroperasi terhadap tipe data string.

OperatorKeterangan
+operator ini bisa di gunakan untuk menyampung dua buah objek yang memiliki tipe data string.
*operator ini bisa digunakan mengulang string

contoh operator string

firstName = "Nuri"
lastName = "Cahyono"

print(firstName + ' ' + lastName)

print("Merdeka!!! " * 7)

penggunaan operator + ‘ ‘ + tersebut memiliki tujuan menggabungan variabel firstName dengan lastName yang kemudian dipisahkan dengan spasi yang diapit oleh tanda petik tunggal. Kata merdeka yang tertulis diatas akan di tampilkan sebanyak tujuh kali.



error: nuricahyono.com
%d bloggers like this: