linux server-mail server-dns server-web server

Pokok Bahasan

  1. Browser Lynx
  2. Apache 2
  3. php7.0
  4. Mysql-Server
  5. Phpmyadmin

Tujuan Belajar

Setelah mempelajari materi pada bahasan ini diharapkan mampu

  1. Memahami apa itu web server
  2. Memahami Fungsi dan Cara Kerja Web Server
  3. Melakukan Instalasi dan menggunakan web browser berbasis text
  4. Melakukan Instalasi dan Konfigurasi Apache
  5. Memahami cara kerja apache dan edit halaman html
  6. Melakukan Instalasi dan Konfigurasi php
  7. Membuat file php menecek versi php
  8. Melakukan Instalasi dan Konfigurasi mysql-server
  9. Melakukan Instalasi dan Konfigurasi phpmyadmin
  10. Melakukan pengjujian web server dari sisi client

Lynx (Browser Berbasis Text)

Lynx adalah sebuah browser yang berbasis text, browser ini dijalankan melalui console/terminal di linux atau melalui command line di windows. Karena berbasis text maka kita tidak akan menemukan gambar jika menggunakan browser ini dan karen hanya menggunakan text saja browsing menjadi lebih cepat.

Karena hanya dapat menampilkan teks dan link Lynx tidaklah berkembang pesat layaknya web browser yang memiliki tampilan GUI (Graphical user interface) seperti Google Chrome, Mozilla dan lain-lain. Saat mengakses ke suatu situs (facebook.com misalnya) akan tampil teks saja dan link, jadi tidak ada tampilan gambar. Namun jika Anda ingin menampilkan gambarnya klik pada link gambar tersebut maka gambar akan tampil bersifat pop up layaknya membuka gambar melalui komputer.

Instalasi lynx Browser

$ sudo apt-get install lynx

Proses instalasi harus dilakukan dari mode super use atau root dengan menggunakan perintah apt-get install di ikuti nama aplikasi yaitu lynx. Instalasi akan berjalan secara otomatis tunggu sampai 100 persen.

Instalasi Lynx Browser Berbasis Text

jika tidak ada error maka sudah bisa dipastikan kalau proses instalasi sudah berhasil di install. jika ada permintaan konfirmasi seperti diatas ketikan y untuk melanjutkan proses instalasi. untuk membaca petunjuk lebih lengkap bisa di ketikan perintah lynx -h

Petujuk lengkap browser lynx

Tampilan Lynx Browser

untuk melihat tampilan lynx browser berbasis text dapat diketikan perintah lynx. hasil tampilanya sebagai berikut.

Tampilan Lynx Browser Berbasis Text

Browsing dengan Lynx

lynx <spasi> URL

untuk membuka sebuah ahalam website dengan menggunakan browser lynx sangat mudah dengan menggunakan perintah seperti diatas yaitu diketikan lynx diikuti alamat sebuah website yang ingin dibuka. contohnya seperti dibawah ini.

Tampilan amikom.ac.id

Tampilan website Universitas amikom dalam browser berbasis text

Tampilan Google.com

Tampilan Google ketika dibuka dengan lynx browser berbasis text

dalam pengaksesan halam website jika diminta konfirmasi penggunaan cookies ketikan y untuk menggunakan cookie dan N jika tidak akan menggunakan. untuk keluar dari bwoser bisa dengan memasukan perintah Q.

Web Server

Web server atau server web merupakan perangkat lunak (software) dalam server yang berfungsi untuk menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protokol HTTP atau HTTPS dari client yang lebih dikenal dengan nama browser, kemudian mengirimkan kembali atau merespon hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman-halaman web yang pada umumnya berupa dokumen HTML atau PHP.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa web server merupakan pelayan (pemberi layanan) bagi web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Internet Explorer, Safari, Opera dan lain-lain, supaya browser dapat menampilkan halaman atau data yang kamu minta.

Fungsi utama dari web server adalah untuk memindahkan atau mentransfer berkas yang diminta oleh pengguna melalui protokol komunikasi tertentu. Oleh karena itu, dalam satu halaman web biasanya terdiri dari berbagai macam jenis berkas seperti teks, gambar, video, audio, file dan lain-lain, maka pemanfaatan web server berfungsi juga untuk mentransfer keseluruhan aspek pemberkasan dalam halaman tersebut, termasuk gambar, teks, video, audio, file dan lain sebagainya.

Pada saat kamu ingin mengakses sebuah halaman website, biasanya kamu mengetik kata kunci yang kamu cari di halaman tersebut di browser seperti chrome, mozilla dan lain sebagainya. Setelah kamu meminta (biasanya dengan menekan enter) untuk dapat mengakses halaman tersebut, browser akan melakukan permintaan ke web server. Disinilah web server berperan, web server akan mencarikan data yang diminta browser, lalu mengirimkan data tersebut ke browser atau menolaknya jika ternyata data yang diminta tidak ditemukan.

Beberapa contoh web server yang paling banyak digunakan diantaranya adalah:

  • Apache
  • Apache Tomcat
  • Nginx
  • Lighttpd
  • Litespeed
  • Microsoft Internet Information Services (IIS)

Apache

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Pada awal mulanya, Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka yang menjadi alternatif dari server web Netscape (sekarang dikenal sebagai Sun Java System Web Server). Sejak April 1996 Apache menjadi server web terpopuler di Internet. Pada Mei 1999, Apache digunakan di 57% dari semua web server di dunia. Pada November 2005 persentase ini naik menjadi 71%. (sumber: Netcraft Web Server Survey, November 2005).

Asal mula nama Apache berasal ketika sebuah server web populer yang dikembangkan pada awal 1995 yang bernama NCSA HTTPd 1.3 memiliki sejumlah perubahan besar terhadap kode sumbernya (patch). Saking banyaknya patch pada perangkat lunak tersebut sehingga disebut sebuah server yang memiliki banyak patch (“a patchy” server). Tetapi pada halaman FAQ situs web resminya, disebutkan bahwa “Apache” dipilih untuk menghormati suku asli Indian Amerika Apache (Indé), yang dikenal karena keahlian dan strategi perangnya. Versi 2 dari Apache ditulis dari awal tanpa mengandung kode sumber dari NCSA.

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation.

Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

Karena berbagai keunggulan dan kelebihan yang dimiliki web server apache, server web ini menjadi sebuah web server yang paling populer dikalangan pengguna dengan berbagai kelebihan sebagai berikut :

  1. Open Source, Free software
  2. Apache dapat berjalan di beberapa sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya).
  3. Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
  4. Fleksibel, mudah settingnya (fleksibilitas untuk di setting dengan PHP dan MySQL).
  5. Kehandalannnya telah teruji.

Kekurangan Apache :

  1. web server Apache tidak memiliki kemampuan mengatur load seperti IIS, sehingga akan terus mem-fork proses baru hingga nilai MaxClients tercapai atau hingga batas yang diizinkan oleh OS. Ini tentunya menguntungkan penyerang karena habisnya RAM akan lebih cepat tercapai.
  2. Apache tidak memproses karakter kutip dalam string Referrer dan User-Agent yang dikirimkan oleh Client. Ini berarti Client dapat memformulasi inputnya secara hati-hati untuk merusak format baris log akses.
  3. Terganggunya proses upload data, yang bisa menyebabkan software salah dalam menerjemahkan ukuran data yang masuk. Dengan celah tersebut, hacker dikabarkan dapat mengeksploitasi kerentanan dengan cara mengirimkan request pada server Apache bersangkutan. Versi yang cacat tersebut adalah seluruh generasi Apache 1.3 dan versi 2 hingga 2.0.36. Server yang diserang hacker memanfaatkan kelemahan ini akan mengalami DoS, alias server itu tak bisa diakses. Dalam sejumlah kasus, penyerangnya dapat menjalankan pilihan kodenya.

Instalasi Apache

$ sudo apt-get install apache2

Lakukan instalasi web server dengan menggunakan versi apache2 dengan perintah apt-get install dengan mode user. jika diminta konfirmasi untuk melanjutkan instalasi ketikan Y.

Instalasi apache2

Setelah instalasi melakukan lakukan restart terhadap server dengan mengetikan perintah reboot.

Menjalankan Apache

$ sudo /etc/init.d/apache2 start

untuk menjalankan apache server gunakan perintah seperti di atas, jika starting apache OK tandanya apache sudah running. untuk mengecek tampilan dari web server dapat memanfaatkan browser lynx. karena web server ini berada di lokal maka alamat urlnya adalah localhost atau bisa dengan ip 127.0.0.1 atau bisa juga menggunakan ip address dari virtual adapter.

lynx localhost
lynx 127.0.0.1

Tampilan default web server apache pada ubuntu

Testing Apache

Untuk mengecek hasil dari web server apache yang telah dikonfigurasi pada sisi client windows dapat menggunakan ip address dari virtual adapter web server. gunakan if config untuk mengetahui berapa ip address yang digunakan kemudian akses melalui browser yang ada di client windows. tampilanya seperti berikut ini.

Tampilan Web Server Apache Pada Client Windows

Ubah DocumentRoot

DocumentRoot adalah sebuah direktori yang digunakan untuk menyipan file pemrograman dalan sebuah web server. Hasil instalasi web server apache 2 pada ubuntu 16.04 secara default documentRoot berada dalam direktori /var/www/html. Karena web server apache tidak hanya digunakan untuk html saja nantinya akan di pakai untuk php dan bahasa pemrograman lainnya maka DocumentRoot akan kita rubah ke dalam direktori /var/www saja.

$ sudo nano /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf

Untuk mengubah lokasi defaul DokumentRoot dapat dilakukan dengan mengedit file 000-default.conf yang berada di direktori /etc/apache2/sites-enabled. selengkapnya ubah teks /var/www/html menjadi /var/www seperti di bawah ini:

Konfigurasi DokumenRoot Apache2

Simpan file hasil konfigurasi. kemudian restart apache2 server dengan menggunakan perintah dibawah ini :

$ sudo /etc/init.d/apache2 restart

Sekarang reload tampilan pada sisi client dengan di pindahkan DokumentRoot maka ketika di akses sudah tidak lagi menampilkan file html default.

DokumentRoot HTML di Rubah

Membuat Homepage

kita akan mencoba membuat sebuah homepage berbasiskan html. Buat sebuah file index.html pada direktori /var/www yang berisi script html seperti di bawah ini.

<html>
<head>
 <title>Sistem Operasi</title>
</head>
<body>
 <h1>Linux Server</h1>
 <h1>NIM : XX.XX.XXXX</h1>
 <p>Membuat Server Itu Mudah</p>
 <hr>
 <p>&copy; 2018 | Universitas AMIKOM Yogyakarta</p>
</body>
</html>

PHP

PHP adalah bahasa yang populer untuk pemrograman web, selain free, bahasa ini juga mempunyai kelebihan bisa diinstall di sebagain besar sistem operasi baik itu Windows, Linux atau Mac OS X. PHP (akronim dari PHP Hypertext Preprocessor) yang merupakan bahasa pemrogramman berbasis web yang memiliki kemampuan untuk memproses data dinamis. PHP dikatakan sebagai sebuah server-side embedded script language artinya sintaks-sintaks dan perintah yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server tetapi disertakan pada halaman HTML biasa. Aplikasi-aplikasi yang dibangun oleh PHP pada umumnya akan memberikan hasil pada web browser, tetapi prosesnya secara keseluruhan dijalankan di server.

Kegunaan dari PHP adalah untuk membuat tampilan web menjadi lebih dinamis, dengan php kita bisa menampilkan atau menjalankan beberapa file dalam 1 file dengan cara di include atau require, dan php itu sendiri sudah bisa beriteraksi dengan beberapa database walaupun dengan kelengkapan yang berbeda.

Dalam cara kerja PHP, yaitu pertama client web browser atau pengguna memakai komputer kemudian pengguna tersebut menjalankan file PHP itu di web browser atau yang biasa di sebut Browser saja dan kemudian File PHP itu di kirim ke web server, Web server mengirimkannya lagike Engine PHP atau mesin PHP dan di dalam mesin PHP itu diproses dan setelah diproses oleh mesin PHP maka akan berbentuk file HTML, dan file HTML ini akan di kirimkan ke web server dan web server

Instalasi PHP

$ sudo apt-get install php7.0 libapache2-mod-php7.0 php7.0-mysql php7.0-common php7.0-cli php7.0-xml php7.0-mbstring php7.0-mcrypt

Lakukan instalasi php menggunakan perintah seperti diatas dengan menginstall beberapa paket yang di butuhkan seperti di atas.

Keterangan Package yang di butuhkan dalam instalasi php untuk web server :

  • php7.0 (versi dari php yang di gunakan yaitu 7.0, untuk versi bisa menggunakan versi terbaru dari yang disediakan repositori)
  • php7.0-mysql (Digunakan untuk memberikan dukungan terhadap mysql)
  • php7.0-mbstring php7.0-xml php7.0-mcrypt (Digunakan untuk integrasi dengan aplikasi phpmyadmin)
  • php7.0-common libapache2-mod-php7.0 (Digunakan untuk integrasi php dengan apache)
  • php-cli (Merupakan PHP yang berjalan di Command Line)

Prioritas file script

$ sudo nano /etc/apache2/mod-enabled/dir.conf

Dalam web server apache tidak hanay digunakan oleh satu bahasa pemrograman tetapi disupport oleh bbrapa bahasa pemrograman lain. Konfigurasi pada file dir.conf di gunakan untuk menentukan prioritas file yang akan di eksekusi lebih dulu. Pada konfigurasi ini kita setting php sebagai prioritas utama, detail konfigurasinya sebagai berikut :

Konfigurasi dir untuk menjadikan php sebagai prioritas

Langkah konfigurasinya dengan cara memindahkan teks index.php ke posisi paling depan seperti gambar di atas. setelah selesai simpan file di atas kemudian restart web server apache.

$ sudo /etc/init.d/apache2 restart

Testing PHP

Setelah berhasil melakukan instalasi dan konfigurasi selanjutnya dilakukan pengujian terhadap package php yang telah terintegrasi dengan web server apache2. Langkah pengujian dengan cara membuat file php yang di gunakan untuk mengecek dari versi php yang telah di install. Buat sebuah file bernama index.php yang berada pada direktori /var/www.

$sudo /var/www/index.php

pada file index.php di atas tambah script php menjadi seperti di bawah ini

<?php
  phpinfo();
php?>

Jika kita cek pada sisi client windows dengan cara yang sama seperti diatas yaitu mengetikan ip komputer server maka yang ditampilan browser adalah hasil dari script php di atas. adapun tampilanya seperti berikut ini :

Hasil Tampilan PHP INFO pada web server ubuntu

Pada direktori /var/www sebenarnya terdapat dua buah file yaitu index.html yang pertama di buat dan file index.php yang baru saja, karena sebelumnya telah di setting pada dir.conf maka yang akan di jalankan adalah file index.php.

Database Server

Database Server Adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan data untuk di salurkan ke komputer lain atau program komputer lainnya, jadi istilahnya layanan dari komputer database di salurkan kepada komputer lain dengan kode program komputer yang sudah ditentukan.

Fungsi Database Server

  • Untuk menyimpan beberapa data yang bisa dilakukan dalam satu lokasi.
  • Data yang di simpan dalam database server akan aman karena memiliki beberapa fasilitas yang tidak terdapat pada komputer biasa.
  • Menyediakan Management sistem yang artinya anda bisa melakukan beberapa susunan unik untuk membuat data.
  • Mempermudah kita untuk menyimpan dan mencari dalam lingkup database.
  • Setiap klien bisa mengakses secara bersamaan tanpa harus mengganggu satu sama lain dalam kurun waktu bersamaan.

Cara Kerja Database Server

Client-server model dapat diartikan sebagai model dari suatu sistem yang membagi proses sistem antara server yang mengolah database dan client yang menjalankan aplikasi. Database server mengurangi beban akses data oleh client pada server. Database dapat diakses oleh beberapa client secara bersamaan dimana data yang diakses hanya atau diubah berasal dari satu sumber yaitu database pada server.

Server tersebut diakses baik melalui suatu “front end” yang berjalan di komputer pengguna yang menampilkan data yang diminta atau “back end” yang berjalan pada server dan menangani tugas-tugas seperti analisis data dan penyimpanan.

Dalam model master-slave, database server master adalah lokasi pusat dan utama data sementara database server budak disinkronisasi backup dari master bertindak sebagai proxy.

Beberapa contoh dari server basis data Oracle, DB2, Informix, Ingres, SQL Server. Setiap server menggunakan query sendiri logika dan struktur. Bahasa query SQL kurang lebih sama di semua server database.

Mysql

Mysql adalah sebuah server database open source yang terkenal yang digunakan berbagai aplikasi terutama untuk server atau membuat WEB. Mysql berfungsi sebagai SQL (Structured Query Language) yang dimiliki sendiri dan sudah diperluas oleh Mysql umumnya digunakan bersamaan dengan PHP untuk membuat aplikasi server yang dinamis dan powerfull. Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB tersebut adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.

MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial. MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam basisdata yang telah ada sebelumnya; SQL(Structured Query Language). SQL adalah sebuah konsep pengoperasian basisdata, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

Kehandalan suatu sistem basisdata (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja pengoptimasi-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL yang dibuat oleh pengguna maupun program-program aplikasi yang memanfaatkannya. Sebagai peladen basis data, MySQL mendukung operasi basisdata transaksional maupun operasi basisdata non-transaksional. Pada modus operasi non-transaksional, MySQL dapat dikatakan unggul dalam hal unjuk kerja dibandingkan perangkat lunak peladen basisdata kompetitor lainnya. Namun demikian pada modus non-transaksional tidak ada jaminan atas reliabilitas terhadap data yang tersimpan, karenanya modus non-transaksional hanya cocok untuk jenis aplikasi yang tidak membutuhkan reliabilitas data seperti aplikasi blogging berbasis web (wordpress), CMS, dan sejenisnya. Untuk kebutuhan sistem yang ditujukan untuk bisnis sangat disarankan untuk menggunakan modus basisdata transaksional, hanya saja sebagai konsekuensinya unjuk kerja MySQL pada modus transaksional tidak secepat unjuk kerja pada modus non-transaksional.

MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :

  • Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
  • Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
  • Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
  • ‘Performance tuning’, MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
  • Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
  • Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
  • Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
  • Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
  • Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
  • Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
  • Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
  • Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
  • Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

Instalasi Mysql-Server

$ sudo apt-get install mysql-server

Proses Instalasi mysql-server dengan mengetikkan perintah upt-get install mysql-server. jika diminta konfimasi untuk melanjutkan instalasi ketikan Y dan tunggu samapi instalasi selesai.

Proses Instalasi Mysql Server

Pada proses instalasinya akan diminta untuk memasukkan password dan password ini yang akan digunakan seterusnya untuk login ke database server jadi pastikan untuk mengingat password ini. kalau sudah di inputkan selanjutkan tekan ok.

Password Mysql-Server

Akan diminta untuk konfirmasi password kembali, isikan password yang sama dengan passsword pertama, lalu tekan ok.

Konfirmasi Password Mysql Server Ubuntu 16.04

Setelah proses instalasi selesai dilakukan selanjutnya lakukan restart server dengan mengetikan perintah reboot.

Testing Mysql

$ sudo /etc/init.d/mysql start

pada dasarnya mysql ini tidak tanpa perlu dikonfigurasi secara default saja sudah bisa di gunakan. untuk mulai menjalankan database mysql ketikkan perintah mysql start seperti pada beberapa aplikasi sebelumnya.

$ mysql -u root -p

untuk login ke mysql yang telah di instal sebelumnya menggunakan perintah mysql -u root -p kemudian masukkan password sama dengan waktu instalasi. jika berhasil maka akam muncul tampilah seperti dibawah ini.

Login Mysql Server Ubuntu 16.04

phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah aplikasi web untuk mengelola database MySQL dan database MariaDB dengan lebih mudah melalui antarmuka (interface)grafis. Aplikasi web ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sebagaimana aplikasi-aplikasi lain untuk lingkungan web (aplikasi yang dibuka atau dijalankan menggunakan browser), phpMyAdmin juga mengandung unsur HTML/XHTML, CSS dan juga kode JavaScript. Aplikasi web ini ditujukan untuk memudahkan pengelolaan basis data MySQL dan MariaDB dengan penyajian antarmuka web yang lengkap dan menarik. Jadi phpMyAdmin ini akan digunakan untuk pengelolaan database server mysql pada sisi client.

phpMyAdmin merupakan aplikasi web yang bersifat open source (sumber terbuka) sejak pertama dibuat dan dikembangkan. Dengan dukungan dari banyak developer dan translator, aplikasi web phpMyAdmin mengalami perkembangan yang cukup pesat dengan ketersediaan banyak pilihan bahasa. Sampai saat ini, ada kurang lebih 65 bahasa yang sudah didukung oleh aplikasi web phpMyAdmin.

Keberadaan phpMyAdmin yang dianggap sangat penting dan juga sifatnya yang terbuka menjadikannya salah satu aplikasi yang selalu ada di dalam cPanel (aplikasi populer untuk pengontrol website). Hal ini menunjukkan bahwa penyedia web hosting (web hosting provider) menaruh kepercayaan yang sangat bersar pada phpMyAdmin sebagai salah satu aplikasi web yang dipasang (install) di server.

Keuntungan dengan hadirnya phpMyAdmin tidak saja dapat dinikmati oleh penyedia web hosting, Anda juga bisa menginstal phpMyAdmin di server Anda sendiri (server lokal) asalkan syarat minimumnya (minimum requirenments) telah terpenuhi.

phpMyAdmin menawarkan fitur yang mencangkup pengelolaan keseluruhan server MySQL (memerlukan super-user) dan basis data tunggal. phpMyAdmin juga mempunyai sistem internal untuk mengelola metadata dan mendukung fitur-fitur untuk operasi tingkat lanjut. Melalui sistem administrator, phpMyAdmin juga dapat mengelola users dan sekaligus hak aksesnya (privilage).

Instalasi phpMyAdmin

$ sudo apt-get install phpmyadmin

untuk instalasi phpMyAdmin ini bisa menggunakan perintah apt-get, jika dalam proses instalasi diminta untuk konfirmasi apakah akan melanjutkan proses instalasi atau tidak maka ketikkan Y seperti pada proses instalasi phpMyAdmin dibawah ini.

Instalasi phpMyAdmin pada ubuntu server 16.04

pada proses intalasi akan diberikan pertanyaan apakah kita mengingikan phpMyAdmin nantinya akan terintegrasi secara otomatis dengan web server apa, karena kita menggunakan apache2 maka pilih web server apacahe agar terkonfigurasi secara otomatis dengan phpMyAdmin dengan cara tekan spasi sehingga pada apache2 terdapat simbol *. selanjutnya tekan ok.

Integrasi phpmyadmin dengan webserver

pilih “Yes” jika diminta untuk konfirmasi dbconfig-common untuk setup database

setting database config common

kemudian akan diminta untuk memasukan password, password yang dimasukkan pada saat instalasi phpMyAdmin ini adalah password yang sama pada saat menginstall mysql sebelumnya.

Password Mysql-Server

akan diminta untuk konfirmasi password kemudian masukkan password yang sama dengan sebelumnya.

Konfirmasi Password Mysql Server Ubuntu 16.04
Setelah proses instalasi phpMyAdmin selesai dilakukan selanjutnya lakukan restart terhadap web server dengan mengetikan perintah dibawah ini.

$ sudo /etc/init.d/apache2 restart

Testing phpMyAdmin

untuk testing phpmyadmin ini bisa mengetikan ip address di ikuti dengan phpmyadmin misal xxx.xxx.x.x/phpmyadmin. kemudian untuk masuk ke database server gunakan username “root” dan password sesuai yang di inputkan adapun tampilan phpMyAdmin sebagai berikut:

Tampilan phpMyAdmin pada ubuntu server 16.04

Sampai dengan tahap ini berarti instalasi dan konfigurasi webserver telah berhasil dilakukan.




error: nuricahyono.com
%d bloggers like this: